Catatan Duniaku

Sebuah Catatan Kecil Buat Dunia Yang Kecil

5 Tips Menghindari Kebaikan Di tempat Kerja

Memberikan perhatian kepada teman kantor tentu saja merupakan hal yang normal. Tapi, terlalu perhatian pada teman kerja ternyata bisa menghambat karir. Banyak cara untuk menjalin hubungan baik di kantor, salah satunya adalah membantu pekerjaan teman ketika sedang dibutuhkan.

Tapi hati-hati, semua itu ada batasnya. Jangan sampai karena terlalu asik membantu teman, kerjaan anda sendiri tidak terselesaikan dan penilaian terhadap diri anda pun terancam buruk.

Nah, agar tidak terjadi hal tersebut berikut ini adalah daftar kebaikan yang tidak perlu dilakukan setiap hari di kantor dalam hal ini harus dibatasi.

1.  Merasa bersalah ketika anda harus menolak.

Mulailah berani melakukan penolakan karena anda tidak harus selalu menyetujui permintaan rekan kerja.

2. Terlalu mudah untuk meminta maaf.

Lebih baik simpan permintaan maaf anda untuk kesalahan yang lebih besar. Hal ini dapat dimulai dengan memberikan penilaian yang obyektif tentang kesalahan anda dan bagaimana anda bisa memperbaikinya.

3. Kerja non stop.

Gunakan waktu luang anda dengan bijaksana. Bekerja non stop malah membuat pekerjaan tidak efisien dan kompeten, juga dapat menyebabkan anda tidak produktif dan kreatif karena kelelahan akan mengurangi konsentrasi anda.

4. Pasif saat rekan kerja mencuri ide anda.

Tindakan pasif merupakan hal yang sering terjadi jika seseorang mencuri ide dan gagasannya. Kondisi tersebut sangat menyebalkan tetapi akan menyebalkan jika anda cuma diam dan mengabaikannya. Untuk menghindari ini anda tidak perlu ragu untuk memberitahu rekan lain kalau andalah pencetus ide tersebut.

5. Takut meminta waktu tambahan.

Jika anda memperoleh pekerjaan atau projek dan estimasi waktu penyelesaian projek tersebut, sementara anda ragu dalam menyelesaikan pekerjaan tersebut tepat waktu. Sebaiknya anda meminta tambahan waktu, berikan alasan yang tepat pada atasan dan katakana bahwa anda bisa bekerja lebih baik jika ada tambahan waktu.

Ingatlah selalu, jangan memanjakan teman kerja anda dengan melakukan semua pekerjaannya. Ini juga dapat membantu mereka untuk menjadi lebih produktif.

3 responses to “5 Tips Menghindari Kebaikan Di tempat Kerja

  1. Pingback: Lingkungan Baru = Dunia Baru | Warna_Ku

  2. Pingback: Lingkungan Baru = Pribadi yang Baru « Catatan Duniaku

  3. Pingback: Menjadi Abdi Negara « Catatan Duniaku

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: